Kamis, 29 Juni 2017

Pengertian Margin Trading dan Berbagai Saham yang Diperdagangkan

Di dunia investasi mungkin kita akan mendengar istilah Margin Trading. Istilah Margin Trading ini merupakan metode atau cara membeli saham dengan meminjam sejumlah uang dari perusahaan sekuritas (broker). Disini pinjaman yang diberikan oleh perusahaan sekuritas dijamin dengan angunan (colleteral) dan berupa saham-saham yang ada di akun investor.

Fungsi dari Margin Trading
   Margin Trading ini memiliki fungsi untuk memfasilitasi semua para pedagang saham (selanjutnya disebut trader) menggunakan pinjaman yang berasal dari perusahaan sekuritas dan digunakan untuk membeli saham-saham yang memiliki potensi bagus pada saat itu.


Inilah Perusahaan-Perusahaan yang dapat Memperdagangkan Secara Margin Trading
   Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak semua saham dapat dilakukan Margin Trading. Melalui pengumuman Bursa Efek Indonesia (BEI) pada No. Peng-00025/BEI.OPP/01-2017 pada tanggal 25 Januari 2017 menyebutkan bahwa terdapat 61 saham yang bisa memperdagangkan secara Margin Trading yaitu:

1. AALI - Astra Argo Lestari Tbk
2. ADHI - Adhi Karya (Persero) Tbk
3. ADRO - Adaro Energy Tbk
4. AKRA - AKR Corporindo Tbk
5. ANTM - Aneka Tambang (Persero) Tbk
6. ASII - Astra International Tbk
7. ASRI - Alam Sutera Realty Tbk
8. BBCA - Bank Central Asia Tbk
9. BBNI - Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
10. BBRI - Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
11. BBTN - Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
12. BEST - Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk
13. BJBR - Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk
14. BJTM - Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk
15. BKSL - Sentul City Tbk
16. BMRI - Bank Mandiri (Persero) Tbk
17. BMTR - Global Mediacom Tbk
18. BSDE - Bumi Serpong Damai Tbk
19. CPIN - Charoen Pokphand Indonesia Tbk
20. CTRA - Ciputra Development Tbk
21. ELSA - Elnusa Tbk
22. EXCL - XL Axiata Tbk
23. GGRM - Gudang Garam Tbk
24. GJTL - Gajah Tunggal Tbk
25. HMSP - Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk
26. ICBC - Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
27. INCO - Vale Indonesia Tbk
28. INCO - Indofood Sukses Makmur Tbk
29. INTP - Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
30. ITMG - Indo Tambangraya Megah Tbk
31. JPFA - Japfa Comfeed Indonesia Tbk
32. JSMR - Jasa Marga (Persero) Tbk
33. KAEF - Kimia Farma (Persero) Tbk
34. KLBF - Kalbe Farma Tbk
35. KREN - PT Kresna Graha Investama Tbk
36. LPKR - Lippi Karawaci Tbk
37. LPPF - Matahari Department Store Tbk
38. LSIP - Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk
39. MIKA - PT Mitra Keluarha Karyasehat Tbk
40. MLPL - Multipolar Tbk
41. MNCN - Media Nusantara Citra Tbk
42. MYRX - Hanson International Tbk
43. PBRX - Pan Brothers Tbk
44. PGAS - Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
45. PPRO - PT PP Properti Tbk
46. PTBA - Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk
47. PTPP - Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk
48. PWON - Pakuwon Jati Tbk
49. SCMA - Surya Citra Media Tbk
50. SMGR - Semen Indonesia (Persero) Tbk
51. SMRA - Summarecon Agung Tbk
52. SRIL - PT Sri Rejeki Isman Tbk
53. SSMS - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk
54. TBIG - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk
55. TLKM - Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
56. UNTR - United Tractors Tbk
57. UNVR - Unilever Indonesia Tbk
58. WIKA - Wijaya Karya Tbk
59. WSBP - PT Waskita Beton Precast Tbk
60. WSKT - Waskita Karya (Persero) Tbk
61. WTON -Wijaya Karya Beton

Semua saham diatas merupakan saham dari perusahaan BUMN ataupun swasta yang tersaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Pada saat jatuh tempo seorang trader saham diwajibkan untuk membayar utang margin sesuai dengan kesepakatan atau peraturan yang berlaku pada kedua belah pihak. Dan apabila pihak trader tidak bisa melakukan pembayaran, maka trader akan dikenakan bunga atau pinjaman. Jika pihak trader tidak mampu membayar maka konsekuensinya adalah dengan menjual paksa atau Force Sell.




Referensi: 

https:// finansialku.com/definisi-margin-trading-adalah/

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus

Cara Tarik Tunai Mandiri di Indomaret Terbaru

Ketentuan untuk tata cara tarik tunai kartu debit Mandiri di minimarket tidak semuanya namun. Untuk itu kali ini akan dijelaskan tentang b...