Kamis, 06 Juli 2017

Definisi Jenis Reksa Dana Pendapatan Tetap

Dari berbagai jenis reksa dana, ada satu yang namanya cukup menarik perhatian yaitu reksa dana pendapatan tetap. Bagi investor awam, reksa dana ini kedengarannya sangat menarik karena bisa memberikan “pendapatan tetap”. Asumsi pertama mungkin kita pasti berfikiran kalau investasi reksa dana pendapatan tetap ini sesuai dengan namanya, namun kenyataannya bukan demikian. Dan untuk mengetahuinya lebih lanjut mari kita bahasa tentang jenis reksa dana pendapatan tetap disini.

Jenis reksa dana pendapatan tetap, definisi reksa dana pendapatan tetap

Kategori Reksa Dana Secara Umum
   Secara umum investasi Reksa Dana dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya:



- Money Market Fund yang jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi "reksa dana pasar uang"
- Equity Fund untuk reksa dana saham
- Balanced Fund untuk reksa dana campuran 
Fixed Income Fund untuk reksa dana pendapatan tetap.

Jadi dari informasi diatas dapat kita ketahui bahwa asal mula kata pendapatan tetap sebenarnya berasal dari terjemahan langsung Bahasa Inggris, meskipun di negara lain seperti AS jenis reksa dana ini juga terkadang disebut bond fund atau reksa dana berbasis obligasi.

Perbedaan nama Reksa Dana pendapatan tetap antara fixed income fund dengan bond fund. Kemungkinan besar memiliki unsur pemasarannya sehinggan terdapat perbedaan nama tersebut. Sebab kita tahu bahwa sebuah kata itu lebih bisa menjual dibandingkan hanya kata yang identik dengan produk investasi.

Definisi Reksa Dana Pendapatan Tetap
    Mengacu kembali ke definisi dari Reksa Dana Pendapatan Tetap. Disini Reksa Dana Pendapatan Tetap memiliki pengertian bahwa reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang minimal investasinya 80 persen ke instrumen obligasi. Instrumen obligasi sendiri merupakan surat berharga berbasis utang yang memberikan pendapatan tetap secara berkala dalam bentuk pembayaran kupon. 


Karena berinvestasi pada instrumen yang memberikan pendapatan yaitu di Instrument Obligasi maka Reksa Dana tersebut diberi nama Reksa Dana Pendapatan Tetap. Jadi alasan itulah mengapa investasi tersebut diberi nama Reksa Dana Pendapatan Tetap.

Setelah kita melihat penjelasan diatas maka akhirnya kita tahu alasan mengapa disebut sebagai Reksa Dana Pendapatan Tetap? Alasan pemberian nama tersebut ternyata bukan pada pendapatan tetap yang kita dapatkan dari investasi tersebut melainkan diatas dasarkan pada penempatan dari investasi yang dikelola di Reksa Dana Pendapatan Tetap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Tarik Tunai Mandiri di Indomaret Terbaru

Ketentuan untuk tata cara tarik tunai kartu debit Mandiri di minimarket tidak semuanya namun. Untuk itu kali ini akan dijelaskan tentang b...